Warga Dusun Wae Ciu, Lamba Leda Utara Minta Listrik ke PLN Ruteng

0
393
Warga Dusun Wae Ciu, Desa Satar Padut didampingi dua Anggota DPRD Kabupaten Manggarai Timur Dapil Lamba Leda saat menemui Manager ULP PLN Ruteng. (FOTO: BERITAFLORES).

RUTENG, BERITA FLORES – Warga Dusun Wae Ciu, Desa Satar Padut, Kecamatan Lamba Leda Utara, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi NTT meminta perluasan jaringan listrik di dusun mereka kepada ULP PLN Ruteng.

Dari pantauan wartawan, tampak sejumlah tokoh adat Dusun Wae Ciu menemui Manager ULP PLN Ruteng, Muhammad di ruang kerjanya pada Jumat, 1 Oktober 2021. Warga Dusun Wae Ciu, Desa Satar Padut turut didampingi Kepala Desa Satar Padut Fabianus Kabun dan dua Anggota DPRD Kabupaten Manggarai Timur Dapil Lamba Leda, Bona Ngendo dan Ambros Don.

Pada kesempatan itu, warga Dusun Wae Ciu, Desa Satar Padut meminta secara resmi perluasan jaringan listrik kepada Manager ULP PLN Ruteng secara adat Manggarai melalui tuak kepok dan manuk kapu sebagai simbol ungkapan tulus dari hati mereka.

Salah satu warga Dusun Wae Ciu, Desa Satar Padut Herman Najha mengatakan, saat ini sebanyak 180 pelanggan di dusun mereka belum mendapat pasokan listrik dari PT PLN Persero.

Selain itu, kata Herman, ada beberapa lembaga yang masuk dalam dusun tersebut hingga kini belum dialiri listrik antara lain, SMKN 1 Lamba Leda Utara, SDI Inpres Wae Ciu, PAUD Wae Ciu dan Rumah Adat Gendang Damer.

“Semoga usulan dan permohonan kami bisa terealisasi oleh pihak PLN”, ujarnya kepada wartawan usai menemui Manager ULP PLN Ruteng Jumat, 1 Oktober 2021.

Kades Satar Padut Fabianus Kabun mengatakan, warga dusun Wae Ciu saat ini sangat membutuhkan listrik. Karena dengan kehadiran listrik, kehidupan warga setempat bisa mengalami kemajuan. Bahkan kehadiran listrik pula dapat meningkatkan perekonomian warga dengan memanfaatkan listrik sebagai sumber energi untuk membuka sejumlah usaha.

“Kami tetap menungggu karena sebagian masyarakat merasa kecil hati, sementara beberapa dusun dalam satu desa sudah dialiri listrik semua dan tinggal satu dusun saja yang belum”, jelas dia.

Sementara Anggota DPRD Kabupaten Manggarai Timur Bona Ngendo mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada PLN Ruteng karena telah merespon positif kehadiran masyarakat Desa Satar Padut. Bona juga mengakui bahwa, DPRD bersama pemerintah Kabupaten Manggarai Timur memiliki perhatian serius terhadap persoalan listrik di daerah itu.

“Kami berharap sentuhan-sentuhan dari pihak PLN untuk bisa menjawab kebutuhan listrik masyarakat Manggarai Timur dan usulan dari masyarakat ini harus disikapi secara cepat oleh pihak PLN”, pungkas dia.

Merespon usulan warga Dusun Wae Ciu, Manager ULP PLN Ruteng, Muhammad mengatakan, pihaknya akan segera menindaklanjuti permintaan warga Desa Satar Padut kepada pimpinan PLN Ende maupun pimpinan PLN Induk Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Untuk menindaklanjuti permintaan tersebut, kita menunggu hasil keputusan dari PLN Unit Induk Wilayah NTT. Sedangkan permohonan warga ini, kami sudah melakukan survei lapangan dan sudah digambar. Kami akan tindaklanjuti pembangunannya setelah ada persetujuan dari PLN Unit Induk Wilayah NTT untuk bisa membangun jaringan tersebut”, ujarnya kepada wartawan di kantor ULP PLN Ruteng Jumat, 1 Oktober 2021.

Penulis: Ronald Habe

Previous articleBerita Kehilangan BPKB Mobil
Next articleYSMG Gelar Lomba Cerdas Cermat Tanamkan Nilai Pancasila dan Keimanan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here