Cetak Wartawan Kompeten, PWI Gandeng Bank NTT Gelar UKW

0
11

KUPANG, BERITA FLORES – Dalam rangka mencetak wartawan yang berkompeten di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menggandeng Bank NTT menggelar UKW (Uji Kompetensi Wartawan) di Hotel Sahid T-More.

Kegiatan UKW yang mengusung tema “Menuju Wartawan Profesional dan Kompeten” ini digelar selama dua hari dimulai pada Rabu, 13 Oktober hingga Kamis besok, 14 Oktober 2021. Berdasarkan pantauan awak media, tampak sejumlah wartawan dari berbagai kabupaten/kota menghadiri kegiatan UKW tersebut.

Dalam kegiatan ini, penyelenggara menghadirkan lima (5) penguji antara lain; Suprato, Dwikora Putra, Emanuel Dewata Oja, Widodo Asmowiyoto dan Nurcholis Basyari.

Ketua PWI NTT Hilarius Jahang mengatakan, pihaknya telah berupaya semaksimal untuk bisa melaksanakan kegiatan tersebut. Menurut Jahang, UKW ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalisme wartawan dalam menjalankan kegiatan jurnalistik.

Ia juga mengapresiasi Bank NTT karena telah mendukung penuh kegiatan UKW ini. Jahang menambahkan, kegiatan UKW ini dilaksanakan secara ketat dengan melakukan seleksi peserta dari berbagai kabupaten/kota di NTT.

Wartawan Antara itu mengungkapkan bahwa, dari ratusan peserta yang mendaftarkan diri, hanya sebanyak 25 orang dari ratusan pendaftar yang berhasil lolos dalam seleksi berkas.

“Kami berterima kasih kepada Bank NTT karena telah mendukung penuh kegiatan UKW ini”, ujarnya saat memberikan sambutan di hadapan peserta UKW di Hotel Sahid T-More Kupang Rabu, 13 Oktober 2021.

Wakil Sekjen PWI Pusat Suprato mengungkapkan, saat ini banyak yang mengaku sebagai wartawan, akan tetapi tidak menjalankan prinsip jurnalistik. Karena itu, melalui UKW ini sebagai sarana untuk meningkatkan kompetensi.

“Peserta UKW diharapkan bisa meningkatkan knowledge (pengetahuan), skill (keterampilan), dan kesadaran untuk menaati etika (Awareness)”, ujarnya.

Direktur Kepatuhan Bank NTT Hilarius Minggu mengatakan, meskipun banyak teman-teman wartawan yang telah berkompeten, akan tetapi perlu diuji kembali kompetensinya tersebut. Ia mengungkapkan, kegiatan UKW ini menjadi salah satu kesempatan untuk meningkatkan profesionalisme seorang wartawan.

“Meski teman-teman wartawan sudah berkompeten, tetapi perlu diuji dan dibuktikan kompetensinya”, terang dia. (RED).

Previous articleBertolak ke Labuan Bajo, Presiden Jokowi akan Resmikan Sejumlah Infrastruktur
Next articleJokowi Tinjau Bongkar Muat Kapal di Terminal Multipurpose Wae Kelambu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here