Pemprov Alokasikan 8 Miliar Bangun Jalan Hotmix di Pantura Matim

0
512
Kondisi Jalan Negara di Waso, Desa Satar Kampas Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur yang terus tergerus air dan kini hanya tersisa sekitar satu meter yang masih utuh. (Foto: Floresa)

BORONG, BERITA FLORES — Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalokasikan anggaran senilai 8 miliar untuk membangun jalan hotmix di wilayah Pantai Utara Kabupaten Manggarai Timur.

Alokasi anggaran tersebut rencananya memperbaiki ruas jalan menghubungkan Reok-Dampek-Pota.

Kepala Dinas PUPR Provinsi NTT Andre Koreh menjelaskan hal tersebut kepada Beritaflores.com melalui WhatsApp Selasa, 12 Ferbruari 2019.

Lebih lanjut Andre mengatakan, ruas jalan tersebut mengalami kerusakan parah. Akibatnya, mobilitas masyarakat di daerah itu menjadi terganggu.

“Itu benar. Ada pekerjaan jalan di Manggarai Timur. Ruas menghubungkan Reok-Dampek-Pota. Sebab, kondisinya kami sudah tahu,” ujarnya.i

Andre menyebut, paket pekerjaan tersebut merupakan peningkatan jalan hotmix dengan pagu anggaran 8 miliar bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) I Provinsi NTT.

“Sebagiannya hotmix dengan pagu anggaran 8.000.000.000 dan sebagian lagi grading operation dengan pagu anggaran sebesar 8.500.000.000,” ucapnya.

Dia menjelaskan, tahun ini hanya dikerjakan sepanjang 42 kilometer. Sebab, anggaranya sangat terbatas.

“Pasti tahun ini belum bisa selesai semua,” tutur dia menambahkan.

Menurut dia, Pemprov NTT juga memprioritaskan pembangunan ruas jalan provinsi Bealaing-Mukun-Mbazang di Kabupaten Manggarai Timur dengan pagu anggaran senilai Rp.18.634.000.000,” jelasnya.

Baca Juga: Tahun 2019, Deker Ambruk di Tumbak, Lamba Leda Bakal Diperbaiki

Terpisah, Anggota DPRD Provinsi NTT Inosensius Fredy Mui mengatakan, ruas jalan ini masih non status. Sebab, masih dalam proses administrasi untuk peralihan menjadi jalan strategis nasional. Meski begitu, masih bisa diintervensi menggunakan APBD I Provinsi NTT.

“Karena ruas jalan itu masuk dalam perda rencana tata ruang wilayah NTT,” ujarnya kepada Beritaflores.com Senin, 11 Februari 2019.

“Yang pasti jalan Reo – Dampek – Pota itu akan diperbaiki tahun ini karena itu sudah ada anggaranya,” ungkap dia. (EFREN POLCE/BEF).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here